Uji coba banjir Veloz 2012 |
Perpindahan gigi
Perpindahan gigi berjalan mulus begitu pedal gas dinjak terus. Termasuk responsif ketika dilakukan kick down.
Stabilitas
Suatu yang hal yang menakjubkan dari All-New Avanza Veloz adalah stabilitasnya yang jauh lebih baik dibandingkan generasi pertama. Saat meluncur pada kecepatan 100 kpj dan berada di belakang truk, digeser cepat ke kanan untuk mendahului, gerakan MPV terasa mantap, tanpa goyangan di jalan tol dengan permukaan datar. Tak sia-sia pengembangan dilakukan untuk menambah trek depan dan belakang.
Konsumsi BBM
Konsumsi bahan bakar rata-rata untuk kondisi jalan yang tidak begitu macet 8,7 – 9,0 kpl (berdasarkan indikator mobil). Sedangkan di jalan tol dalam kota dengan kondisi lalu lintas tak begitu padat, 13,8 kpl.
Fasilitas
Audio Avanza Veloz yang bisa dihubungkan ke USB (termasuk mengontrol iPod) namun hanya menayangkan nomor file (lagu) dan folder. Secara umum, kualitas suara bagus. Di pilar A bagian dalam dipasang tweeter yang dengan kualitas seuara lebih bagus. Juga sensor parkir saat mundur, yang cukup membantu kerja pengemudi.
Pengereman
Dengan anti-lock brake system (ABS), khusus pada Veloz, MPV ini masih bisa dikendalikan kendati direm secara mendadak. Dari seluruah varian All-New Avanza, Veloz punya kelebihan pada ABS, EBD, mesin 1.500 cc (tenaga lebih besar) dan fitur-fitur interior lainnya.
Kesimpulan
Secara umum, dengan penampilan baru dan interior yang juga berubah membuat pemilik Avanza lama tergoda untuk berpindah ke All-New ini. Pasalnya, kenyamanan yang diberikan All-New memang lebih baik, termasuk suasana interior yang lebih segar!
Spesifikasi Mesin
Mesin | |
Tipe | 3SZ-VE |
Teknologi | 4-silinder, 16-katup, DOHC, VVT-i |
Kapasitas | 1.495 cc |
Tenaga maks | 104 PS @6.000 rpm |
Torsi maks. | 13,9 Kg-m @4.400 rpm |
Ban dan pelek | 185/65-R15 |